ISO 28000:2007 – Understanding and Implementing Supply Chain Security Management System

Rp5,000,000.00 Rp4,500,000.00

Categories: ,

Description

Pengantar

Milyaran dolar barang-barang dan jasa disalurkan dari produsen ke konsumen melalui serangkaian titik pasokan, mencakup vendor, fasilitas pabrik, pemasok logistik, pusat distribusi internal, distributor, grosir dan entitas lain yang terlibat dalam pabrikasi, pemrosesan, penanganan dan pengiriman barang dan jasa tersebut. Dan karena resiko kerusakan dan ketidaksesuaian produk bisa terjadi di setiap rantai pasokan ditambah insiden keamanan yang mungkin saja terjadi, seperti: boikot, penyelundupan dan terorisme, maka diperlukan pengendalian yang memadai guna melindungi produk tersebut dari akibat yang merugikan. ISO telah menerbitkan spesifikasi ketersediaan publik (public available specification, PAS), yaitu ISO/PAS 28000, dimana standar ini berisi spesifikasi sistem manajemen keamanan bagi rantai pasokan. Penggunaan standar ini akan membantu organisasi dalam menetapkan tingkat keamanan yang cukup pada bagian rantai pasokan internasional yang dikendalikannya. Standar ini juga merupakan dasar untuk menetapkan atau memvalidasi tingkat keamanan yang ada dalam rantai pasokan organisasi bersangkutan oleh auditor internal atau eksternal atau oleh lembaga pemerintah. ISO 28000:2007 mencantumkan persyaratan agar organisasi bisa menetapkan, menerapkan, memelihara dan memperbaiki Security Management System, termasuk aspek-aspek penting untuk Security Assurance of the Supply Chain. Aspek-aspek tersebut tidak terbatas pada pembiayaan, manufaktur, manajemen informasi dan fasilitas untuk pengepakan, penyimpanan dan mentransfer barang antara modus transportasi dan lokasi. Proses ISO/PAS 28000:2007 mengintegrasikan pendekatan berbasis standar sistem manajemen ISO – ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015 – termasuk Plan-Do-Check-Act (PDCA) Cycle dan kebutuhan untuk perbaikan terus-menerus, serta unsur-unsur manajemen risiko ISO 14001:2015. Mengadopsi ISO 28000 memiliki manfaat strategis, organisasi dan operasional yang luas yang menyadari seluruh rantai pasokan dan praktek bisnis. Manfaat termasuk, namun tidak terbatas pada:

  1. Terpadu perusahaan ketahanan
  2. Sistematis manajemen praktek
  3. Peningkatan kredibilitas dan pengenalan merek
  4. Blok terminologi dan konseptual penggunaan
  5. Peningkatan kinerja rantai pasokan
  6. Benchmarking terhadap kriteria internasional dikenali
  7. Lebih besar kepatuhan proses

Manfaat & Tujuan

Banyak manfaat yang akan di dapat oleh peserta dalam program ini, diantaranya adalah:

  • Memahami system ISO 28000:2007 dan cara penerapanya di organisasi masing-masing.
  • Menyusun program implementasi ISO 28000:2007 secara komprehensif, sejak perencanaan tujuan, metodologi, pelaksanaan, pelaporan.
  • Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan organisasi untuk audit.

Garis Besar Training

  • Overview Sistem Manajemen ISO
  • Manajemen Supply Chain : Konsep, Teori dan Aplikasi
  • Pengenalan ISO 28000 : 2007 DAN HYPERLINKS DENGAN STANDARD LAINNYA.
  • Definisi ISO 28000 : 2007 • Interpretasi Klausul Standard ISO 28000:2007
  • Langkah-langkah penerapan ISO 28000:2007

Siapa Yang Menghadiri

Pelatihan ini penting diikuti oleh Warehouse Manager/Officer, Procurement Manager/Officer, Purchasing Manager/Officer, Kabag Logistik/Staf dan Key Staff atau Pejabat Perusahaan yang sering terlibat dalam proses pengadaan barang/jasa ataupun dalam pengawasannya, serta peminat lainnya.

Fasilitas Yang didapat

  • Sertifikat
  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • 2x coffee break
  • Lunch